Bertoleransi

Kita tidak mengerti mengapa kita harus mengerti orang lain tanpa tahu kita akan dimengerti oleh orang lain, dalam sedikit pengajaran yang pernah guru saya bilang, hidup harus ada saling pengertian dan toleransi, dan pengertian itu dimulai dari diri kita sendiri dan dengan sendirinya kita akan membuat orang mengerti pada diri kita dan kita mengerti keadaan orang lain. Knapa ini hal penting dari kehidupan? Pengertian terhadap orang lain? Orang lain itu dimaksud kita kepada orang lain dan dari pandangan orang lain terhadap kita. Saya pernah mendengar suatu hadist, “Barang siapa yang memberi jalan terhadap orang lain, maka allah akan melapangkan jalan nya 1000 kali lipat”, Nah? Sudah jelas sekali, coba kita bayangkan ketika saya, anda, kita, mereka saling pengertian, membuka jalan, mendukung satu sama lain, betapa sukses nya negara kita ini, betapa sukses nya kehidupan individu kita masing-masing. Kita adalah umat manusia yang dilahirkan untuk saling tolong menolong, saling menguatkan satu sama lain, maka dari itu sifat saling mengerti atau tenggang rasa terhadap sesama mestilah kita miliki untuk dapat mencapai hidup yang baik di kemudian hari. Hari ini kita pasti berfikir, kenapa saya harus mengerti orang lain? Sedangkan orang lain tidak mengerti saya? Coba kita ubah, per individu kita berfikir, apa kita sudah mengerti orang lain? Apa kita sudah sudah bertoleransi terhadap orang lain? Ayo kita mulai hari ini, dimulai dari diri kita sendiri, individu kita sendiri, toleransi terhadap orang lain akan membuat allah senantiasa bertoleransi lebih teradap kita, satu pintu kita buka untuk orang lain, seribu pintu allah buka kan untuk kita. Saya bukan ustads, bukan motivator, saya hanya melihat pandangan hidup bagaimana kita sukses dengan cara yang baik, dan dimulai dengan cara yangh baik, saya memulai dengan anda, dan semoga kita diberkahi oleh allah, Amin.

Tidak ada komentar:

Special Moment

Special Moment
Love of my life

Feature Post

About

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.